Brand Positioning: Definisi, kegunaan dan Cara Melakukannya
Brand Positioning: Definisi, kegunaan dan Cara Melakukannya
Ketika kami akan membangun sebuah usaha tidak hanya persiapan modal dan tempat usaha saja yang jadi skala prioritas, terkadang banyak orang yang membiarkan satu hal kecil yakni Brand Positioning.
Mungkin bagi beberapa orang istilah yang satu ini terdengar asing di pendengaran. Namun, siapa sangka kecuali istilah siasat marketing yang satu ini banyak kami temui digunakan oleh para pelaku usaha di beraneka situasi dan kondisi.
Trik Membangun Brand Positioning, Penting Diketahui Pebisnis sosmed
Disaat seseorang sudah punya modal, alat, dan pekerja untuk menjalankan bisnisnya, tetapi hal berikut belumlah lengkap kecuali tidak berkhayal penempatan produknya. Sebenarnya apa itu Brand Positioning? Dan apa pengaruhnya di di dalam dunia bisnis? Berikut ialah pembahasannya.
Nah, bagi Anda yang belum mengetahui perihal istilah yang satu ini. Tak wajib kuatir karena pada artikel berikut, kami akan beri tambahan informasi mengenai definisi, fungsi sampai beberapa langkah untuk melaksanakan merek positioning.
Saat pergi ke supermarket, Anda akan memandang banyak etalase barang yang tertib bersama rapi. Masing-masing produk dikelompokkan bersama jenisnya tersendiri. Hal ini bertujuan supaya konsumen lebih gampang untuk mencari apa yang mereka inginkan. Ternyata, konsep seperti ini mampu diterapkan di dalam usaha membangun sebuah bisnis, lho.
Brand positioning atau penempatan produk adalah teknik yang mampu dipakai untuk membangun usaha yang diidamkan. Dengan teknik ini Anda mampu mengetahui posisi merek atau produk yang ada di mata pelanggan. Hasilnya adalah merek yang Anda punya mampu dibangun bersama lebih baik.
Menurut Philip Kotler, seorang ahli marketing, menyebutkan bahwa merek positioning adalah tindakan merancang penawaran dan mengakibatkan citra perusahaan untuk mendapatkan tempat di benak tujuan pasar usaha Anda. Dari sini kami mengetahui bahwa siasat merek positioning ini berfungsi sebagai teknik mencari celah supaya produk maupun merek yang Anda bangun mampu diterima oleh masyarakat.
Secara lazim merek positioning mampu dilakukan lewat beberapa cara menjadi dari permainan posisi pada harga, promosi, distribusi, pengemasan, dan lainnya. Tujuan dari hal ini adalah menciptakan kesan unik tersendiri di mata calon konsumen sekaligus menarik minat mereka kala melihatnya.
5 Strategi Cara Menerapkan Brand Positioning untuk Bisnis
Strategi supaya penempatan produk ini sukses ialah bersama cara mencermati beberapa hal yang sangat penting.
Terdapat beberapa langkah khusus yang wajib Anda mencermati di dalam upaya penerapan siasat yang satu ini. Agar merek Anda punya value yang unik sekaligus menarik minat pelanggan.
Hal-hal ini wajib sangat diperhatikan supaya Brand Positioning yang dilakukan mampu sukses dan menarik minat para konsumen nantinya. Beberapa cara siasat merek positioning sebagai berikut:
1. Perhatikan Nama Produk
Meski terdengar sepele tetapi nama dari suatu produk sangat pengaruhi penjualannya. Dengan mencari nama yang unik dan gampang dihafalkan, produk berikut akan gampang diingat oleh konsumen.
Tetapi jangan sekali kali menggunakan kata yang kurang enak didengar untuk dijadikan sebagai nama produk, bersama alasan supaya terkesan unik. Karena konsumen akan menjadi tidak nyaman bersama hal berikut dan tidak akan membelinya.
Carilah nama produk cocok bersama ciri khas dari produk tersebut. Hal berikut juga bertujuan untuk mengakibatkan produk tambah dikenal dan diingat oleh para konsumen.
2. Perhatikan Atribut Produk
Atribut produk disini lebih mengacu kepada kemasan. Sebagai perumpamaan kopi siap minum atau minuman di dalam kemasan, kopi ini sudah tidak serupa bersama kopi yang biasa diminum orang sambil mengerjakan tugas. Kopi kemasan ini di desain jadi lebih praktis untuk dibawa sebagai kawan perjalanan.
Jadi terciptalah sebuah kesan yang tidak serupa seperti perumpamaan di atas, pada kopi seduh bersama kopi kemasan (botol, karton, atau gelas). Inilah yang mengakibatkan suatu produk tambah diingat oleh konsumen, biarpun sama-sama kopi tetapi selagi atau momen untuk meminumnya berbeda.
3. Harga Produk
Ini juga jadi hal utama yang wajib diperhatikan. Pastinya banyak produk pesaing yang menjual suatu produk bersama bahan yang sama.
Disinilah perusahaan wajib berpikir keras supaya produknya mampu unggul dibanding produk pesaing. Salah satunya bersama pilih harga produk. Perusahaan wajib memandang dan meneliti harga dari produk pesaing.
Jika idamkan mengakibatkan harga produknya lebih tidak mahal itulah yang akan jadi keunggulannya. Tetapi kecuali idamkan mengakibatkan harga produknya dari produk pesaing, maka carilah hal yang mampu diunggulkan dari produk tersebut. Seperti andaikata pemanfaatan bahan yang lebih bagus atau hal yang lebih bagus lainnya.
4. Perhatikan kegunaan Produk
Kaitkan produk bersama fungsi tertentu, biarpun pada intinya punya fungsi yang serupa bersama produk lain. Sebagai perumpamaan detergen X menunjukkan bahwa detergennya mampu menyingkirkan noda tanpa dikucek.
Sedangkan detergen Y juga menunjukkan hal yang sama, tetapi bersama penambahan fungsi di dalamnya. Seperti tidak mengakibatkan tangan penggunanya jadi kering atau kasar. Padahal ke-2 produk tadi punya fungsi yang sama.
Namun bersama beri tambahan hal-hal kecil seperti contoh, mampu mengakibatkan banyak konsumen jadi tertarik bersama produk kita. Dengan beri tambahan manfaat-manfaat kecil di produk yang akan dijual, mampu mengakibatkan banyak konsumen jadi lebih tertarik dan teringat bersama produk tersebut.
5. Produk Menurut Pemakai
Strategi ini umumnya butuh public figure atau tokoh untuk melukiskan fungsi dari produk tersebut. Seperti contohnya produk kecantikan wajah, bersama mengiklankan produknya menggunakan model yang cantik dan punya kulit yang bagus. Biasanya perusahaan akan pilih merek ambassador yang mampu membawakan citra produknya bersama baik.
Dengan begitu akan tambah banyak konsumen yang yakin dan tertarik bersama klaim dari produk tersebut. Apalagi kecuali benar pada fungsi yang diklaim bersama hasilnya, maka akan tambah banyak konsumen yang tertarik untuk belanja produk tersebut.
Comments
Post a Comment